MITE TENTANG POHON YELI

MITE TENTANG POHON YELI

Di sadur dari Buku : Dr. Siegfried ZÖllner. Pohon Yeli dan Mitos Wam Dalam Agama Orang Yali
Misionaris Jerman bawa Injil di Papua
Sampul Buku : Mite Tentang Pohon Yeli [Ist]


Bagi orang-orang Yali, Yeli teridentifikasi sebagai sebuah pohon. Konon ada gem­pa bumi yang mengguncang diakibatkan karena robohnya pohon Yeli. Memang ada beberapa versi berkaitan dengan pohon Yeli ini.


Dari beberapa versi tersebut dapat dirangkum beberapa keterangan tentang pohon Yeli. Yeli adalah sebuah pohon yang oleh beberapa penduduk suku ingin ditebang. Yeli bukan seperti pohon biasa, tetapi ia diceritakan juga dapat berpindah tempat dan mengeluarkan darah. Dari daerah-daer­ah yang dilewatinya terciptalah beberapa tempat dan benda seperti gunung, lembah, batu, sungai, pohon-pohon, dan lain sebagainya. Baca : Cerita Dongeng Masyarakat Yali - Anggruk

Lagu-lagu tentang Yeli kemudian digunakan oleh para tabib sebagai lagu-lagu pe­nyembuhan. Didalamnya terdapat cerita tentang Yeli itu sendiri. Yeli dikaitkan dengan penyembuhan karena saat orang sakit digambarkan seperti Yeli yang bergoncang. 

Ada pula pandangan bahwa seseorang itu sakit karena di dalam tubuhnya ada unsur-unsur Yeli. Jadi supaya sembuh, unsur-unsur Yeli tersebut harus dikeluarkan. Untuk itulah lagu-lagu tentang Yeli dinyanyikan sebagai lagu-lagu penyembuhan.